Perbedaan Kartu Kredit Dengan Kartu Debit

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Perbedaan Kartu Kredit Dengan Kartu Debit

Ditulis oleh: -

Perbedaan Kartu Kredit Dengan Kartu Debit - Biasanya untuk melakukan proses jual beli alias transaksi para pelaku transaksi menggunakan uang tunai sebagai alat transaksi. Namun di jaman yang sudah modern ini ada beberapa jenis sistem transaksi yang bisa kita manfaatkan selain menggunakan uang secara tunai. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Dengan kedua kartu tersebut kita dapat melakukan transaksi dengan lebih praktis karena tidak harus membawa uang tunai untuk berbelanja.

Biasanya transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kredit dapat dilakukan di beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan (mall), atau gerai-gerai tertentu yang menjual barang-barang elektronik. Kedua jenis kartu ini memang sudah dikenal sangat luas khususnya nasabah bank atau orang yang pernah menyimpan uangnya di bank. Namun meski demikian ternyata masih banyak pula orang yang belum mengetahui apa perbedaan antara kartu kredit dengan kartu debit.

Nah untuk itu pada posting kali ini mimin akan sedikit membeberkan tentang hal ini ke dalam bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam yang tentunya agar para pembaca tidak kebingungan saat membacanya. Meski memiliki fungsi dan fitur yang mirip ternyata kedua jenis kartu ini memiliki perbedaan yang mendasar. Berikut adalah penjabaran singkatnya:

Kartu Kredit


Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh sebuah bank kepada nasabahnya untuk dapat digunakan dalam berbagai jenis transaksi. Dengan menggunakan kartu ini pengguna dapat berbelanja atau melakukan transaksi dimana nantinya pembayaran atau pelunasan akan dilakukan pada tanggal tertentu (yang sudah ditentukan) setelah bank mengeluarkan tagihan. Singkatnya, kita akan diijinkan untuk berhutang atau meminjam uang dari bank untuk membeli sebuah barang. Barang yang kita ambil tersebut akan dibayar oleh pihak bank terlebih dahulu dimana nantinya kita memiliki kewajiban untuk melunasinya kepada bank.

Namun jika kita tidak bisa melunasinya pada saat penagihan, kita dapat mencicilnya dengan hukuman atau penalty berupa bunga yang juga sudah ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit. Baca selengkapnya soal kartu kredit pada artikel Fungsi, keuntungan dan kerugian menggunakan kartu kredit.

Kartu Debit


Berbeda dengan kartu kredit yang mengijinkan kita untuk "meminjam" sejumlah uang untuk bertransaksi, kartu debit hanya bisa digunakan untuk bertransaksi jika kita sudah memiliki sejumlah uang yang sudah kita simpan di bank penerbit kartu debit. Jadi setiap kali kita melakukan transaksi dengan kartu ini, uang yang ada di tabungan kita tersebut akan secara otomatis dikurangi.

Nah sekarang sudah mengerti kan apa saja perbedaan antara kartu kredit dengan kartu debit? Meski memiliki bentuk fisik yang serupa dan sama-sama terbuat dari plastik namun keduanya ternyata sangatlah berbeda. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan para pembaca :D

No comments:

Post a Comment