Langsung ke konten utama

Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit - Mimin yakin hampir setiap orang pasti pernah mendengar istilah kartu kredit. Bentuk dan ukurannya sih hampir sama dengan kartu-kartu lain seperti kartu ATM atau kartu nama yang keduanya dapat dengan mudah kita masukkan ke dalam dompet, tapi fungsinya? Jelas beda donk dengan kartu ATM, apalagi denga kartu nama! Yups, meskipun banyak orang sudah mengenal istilah kartu kredit, tapi ternyata tidak semua orang itu mengetahui fungsi dari kartu kredit.
"Apa sih kartu kredit itu? Gunanya buat apaan?"
Begitulah kira-kira ucapan salah satu teman mimin ketika melihat promo potongan harga di sebuah gerai handphone dengan menggunakan kartu kredit tertentu. Karena saat itu mimin juga kurang paham, maka mimin putuskan untuk segera mencari tau tentang hal yang ditanyakan teman mimin tersebut sesampainya di rumah. Setelah membaca beberapa artikel yang tersedia di internet, akhirnya mimin lebih mengerti soal pengertian serta fungsinya. Kartu kredit adalah sebuah kartu plastik yang dikeluarkan oleh sebuah bank untuk nasabahnya agar dapat digunakan sebagai sarana transaksi yang praktis.

Jika kita menggunakannya untuk bertransaksi atau berbelanja maka kita akan dipinjami sejumlah uang (yang kita habiskan untuk bertransaksi) yang nantinya bisa kita lunasi setelah cetak transaksi atau setelah tagihan datang pada waktu yang sudah ditentukan tanpa dikenakan bunga. Namun jika kita belum bisa atau belum sanggup untuk melunasi tagihan yang datang, kita masih dapat mencicilnya di kemudian hari dengan dikenakan bunga tertentu yang sudah ditentukan. Selain pengertian diatas, mimin juga dapat menyimpulkan beberapa keuntungan yang bisa kita nikmati dengan menggunakan fasilitas ini.

Fungsi dan Keuntungan


Kartu ini memang identik dengan gaya hidup konsumtif, shopaholic dan hutang. Namun meski demikian ternyata kartu ini memiliki berbagai manfaat atau keuntungan jika kita bisa menggunakannya dengan bijak. Nah berikut adalah diantaranya:

1. Aman

Beberapa orang akan waswas jika harus membawa uang cash dalam jumlah besar untuk bertransaksi. Resiko kehilangan adalah faktor yang paling mempengaruhinya. Nah dengan menggunakan kartu kredit, resiko ini tidak perlu kita khawatirkan lagi. Karena jika kita mengalami kehilangan kartu kredit maka kita bisa langsung melaporkannya kepada bank penerbit agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun anda harus tetap mengkonfirmasi terlebih dahulu soal kebijakan dari masing-masing bank jika terjadi kasus seperti ini.

2. Praktis

Dengan fasilitas yang disediakan kartu kredit, kita tidak perlu lagi kerepotan menghitung uang yang harus dibayarkan atau menghitung uang kembalian. Dan pastinya kita tidak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah besar.

3. Mudah

Berbagai kemudahan lain juga dapat dimanfaatkan nasabah dengan menggunakan kartu ini. Misalnya jika kita sedang memerlukan barang tertentu namun kita tidak memiliki uang cash, kita tetap dapat membelinya dengan kartu kredit dimana nantinya dapat kita lunasi belakangan. Hal ini akan menguntungkan jika ada diskon atau obral tertentu yang berlaku dalam waktu singkat.

4. Keuntungan lain

Pernah melihat berbagai promo potongan harga yang hanya berlaku untuk penggunaan kartu kredit? Atau promo cicilan ringan dengan bunga 0%? Yups keuntungan seperti itu juga bisa kita dapatkan dengan menggunakan kartu kredit.

Kerugian Menggunakan Kartu Kredit


Meski memiliki berbagai keuntungan, ternyata penggunaan kartu ini akan dapat merugikan penggunanya jika ia tidak bisa mengatur penggunaannya dengan baik. Misalnya:

1. Harus selalu membayar hutang

Seperti yang sudah mimin tulis diatas, kita bisa berbelanja sesuka kita lalu membayarnya belakangan. Jika nilai atau jumlah "hutang" kita tidak terlalu banyak sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun jika hutang tersebut memiliki jumlah yang besar hingga kita tidak bisa membayarnya, tentu saja itu akan menjadi sebuah masalah.

2. Pengaturan keuangan yang kacau

Jika kita tidak mampu menggunakan kartu kredit dengan bijak seperti yang mimin singgung pada poin nomor 1 diatas, maka bukan tidak mungkin pengelolaan keuangan kita akan kacau karena harus membayar hutang yang jumlahnya bisa saja lebih besar dari kemampuan kita sehingga kita tidak bisa menyisihkannya untuk hal lain seperti menabung misalnya.

3. Menjadi konsumtif

Kemudahan yang ditawarkan membuat para pengguna kartu kredit menjadi konsumtif karena merasa dimudahkan terutama untuk hal berbelanja. Hal inilah yang harus diwaspadai.

Tips menggunakan kartu kredit


Dengan adanya keuntungan dan kerugian yang sudah mimin bahas diatas, tentu saja kita harus pintar-pintar mengatur nilai transaksi saat menggunakan kartu kredit. Gunakanlah seperlunya dan kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sebelum memutuskan untuk berbelanja. Karena jika anda tidak ingin terlilit hutang maka anda harus sedikit meredam keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan. Nah itulah beberapa hal yang bisa mimin jelaskan soal kartu kredit. Semoga bermanfaat :D

Referensi artikel: Wikipedia

Komentar

Posting Komentar

Topik Yang Mungkin Kamu Suka

Apa Itu Golput? Ini Pengertian Singkatnya

Apa Itu Golput? Ini Pengertian Singkatnya - Sebentar lagi pemilu ya? Pantesan banyak banget iklan-iklan berbau politik yang cukup sering muncul di tipi-tipi. Yups emang gak salah lagi, itu adalah bagian dari usaha mereka biar lebih dikenal oleh masyarakat dengan harapan masyarakat mau memilih mereka sebagai pujaan hatinya presiden atau entah apa posisi yang mereka incar. Di iklan yang muncul itu secara gak langsung si calon-calon pejabat tinggi negara tercinta kita ini juga berusaha menyampaikan visi dan misi mereka meskipun sebenernya masyarakat juga udah pada bosen denger janji-janji dari dari para calon pejabat tinggi itu #uhuk . Iya, karena udah jenuh dengan janji-janji yang kebanyakan PHP disampaikan oleh mereka, banyak dari masyarakat yang lebih memilih untuk golput ketimbang memilih para calon yang ada. Hemm ngomong-ngomong soal golput, pemirsa udah pada tau belum pengertian dari golput? Hemm oke, mumpung mimin lagi mood untuk buat posting jadi mimin putuskan untuk ngasih

Tips Membasmi (Mengusir) Cacing Di Kamar Mandi

Tips Membasmi (Mengusir) Cacing Di Kamar Mandi - Gimana rasanya kalau lagi asik mandi lalu tiba-tiba kita melihat seekor cacing tanah di lantai kamar mandi? Sebagian orang mungkin hanya akan menyiramnya saja agar ia ikut hanyut ke saluran air. Tapi bagaimana bagi kita yang jijik atau geli dengan cacing? Waah pasti bisa heboh sendiri tuh kalau melihat makhluk yang satu ini berkeliaran di kamar mandi, seperti halnya yang juga dialami oleh mimin beberapa waktu lalu. Kalau sudah begitu, sudah bisa dipastikan mimin gak jadi mandi sebelum mengecek ulang seluruh sudut kamar mandi untuk memastikan bahwa ia tidak sedang berkeliaran bersama teman-temannya. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Sebenarnya dari mana sih datangnya cacing tersebut hingga bisa masuk ke kamar mandi kita? Padahal kan lantai kamar mandi sudah diberi keramik? Bukankah cacing (tanah) hidupnya di tanah? Hemm hal itu juga yang sering membuat mimin bingung dan penasaran. Tapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata