Apa Itu Kartu Debit? Ini Dia Pengertian Singkatnya

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Apa Itu Kartu Debit? Ini Dia Pengertian Singkatnya

Ditulis oleh: -

Apa Itu Kartu Debit? Ini Dia Pengertian Singkatnya - Jika kamu baru saja melakukan pembukaan rekening di suatu bank tertentu, biasanya kamu akan diberikan sebuah kartu ATM yang terkadang juga bisa berfungsi sebagai kartu debit meski tidak semua bank memberikan fungsi ganda tersebut pada kartu ATM yang diberikan kepada nasabahnya. Sebagian besar orang hanya menggunakan kartu tersebut untuk melakukan transaksi melalui ATM seperti melakukan penarikan uang tunai, transfer, cek rekening dan lain-lain. Dan hanya beberapa orang saja yang memanfaatkan fungsi kartu debit.

Kebanyakan hal itu terjadi karena mereka belum mengetahui apa itu kartu debit serta fungsinya, sehingga mereka enggan atau merasa tidak bisa menggunakannya. Sayangnya pihak bank pun sering kali tidak menjelaskan secara rinci tentang kartu yang dipegang oleh nasabahnya seperti apa saja penggunaan yang bisa dan tidak bisa dilakukan dengan kartu tersebut sehingga pengetahuan nasabah pun menjadi sangat minim. Pihak nasabah juga terkadang merasa malu untuk bertanya tentang apa saja fungsi dan manfaat yang bisa didapat dari kartu yang dipegangnya.

Nah pada posting kali ini, mimin akan sedikit memberikan informasi soal fungsi atau kegunaan dari kartu debit untuk para pembaca blog ini. Ya itung-itung untuk sekedar share aja agar pengetahuan pembaca dapat bertambah. Kartu debit adalah sebuah kartu yang diterbitkan oleh bank kepada nasabahnya yang dapat digunakan untuk sarana transaksi elektronik sehingga penggunanya tidak perlu menggunakan uang tunai atau cash pada saat melakukan transaksi di tempat tertentu. Cara transaksinya pun cukup simpel, kita hanya perlu menggesekkan kartu pada alat tertentu lalu kita akan diminta untuk memasukkan nomor pin atau tanda tangan kita sebagai konfirmasi transaksi.

Meski hampir sama (sama-sama kartu plastik, sama-sama dapat digunakan untuk berbelanja, sama-sama diterbitkan oleh bank dan sama-sama praktis) namun tentu saja kartu debit berbeda dengan kartu kredit. Dan tentu saja tidak semua tempat bisa menerima pembayaran dengan menggunakan cara ini karena tidak semua tempat memiliki alat yang mimin singgung diatas seperti di warteg misalnya. Nah jika kita melakukan transaksi menggunakan kartu debit, jumlah uang yang tersimpan pada akun bank atau rekening kita akan dikurangi secara otomatis sehingga kita tidak perlu mengambil uang terlebih dahulu. Namun meskipun menawarkan kemudahan, kita tetap harus waspada saat menggunakan kartu debit.

BACA JUGA: Perbedaan kartu kredit dengan kartu debit

Tips menggunakan kartu debit

Jangan biarkan kartu lepas dari pengawasan kita karena bisa saja kartu ini disalahgunakan tanpa sepengetahuan kita. Pastikan jumlah transaksi sesuai dengan nilai dari barang yang kita belanjakan sebelum melakukan konfirmasi karena begitu kita melakukan konfirmasi dengan memasukkan pin, uang yang ada di rekening kita akan langsung berkurang dan akan sangat sulit untuk melakukan pengembalian uang jika ternyata terdapat transaksi yang tidak wajar.

Kebijakan untuk penggunaan kartu debit sendiri bisa berbeda-beda di masing-masing bank penerbitnya, sehingga alangkah baiknya jika kita bertanya terlebih dahulu secara mendetail soal hal ini. Nah itulah beberapa hal yang bisa mimin bagikan soal apa itu kartu debit. Semoga bermanfaat :D

Referensi artikel: Wikipedia

1 comment:

  1. Thanks,
    Mimin
    O ya Kartu ATM BNI berfungsi sekaligus Kartu debit gak ya?
    Kunjung balik diblog saya
    http://scrollcash.com

    ReplyDelete