Apa Itu ATM? Ini Dia Pengertiannya

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Apa Itu ATM? Ini Dia Pengertiannya

Ditulis oleh: -

Apa Itu ATM? Ini Dia Pengertiannya - Kalau kamu sering mampir ke tempat atau pusat perbelanjaan seperti mall, supermarket atau yang lainnya pasti kamu pernah melihat sebuah kotak atau ruangan yang bertuliskan "ATM". Bagi kamu yang sudah pernah menabung atau menyimpan uangmu di sebuah bank, pasti kamu tidak asing dengan istilah ini karena nantinya kamu pasti akan mengunjungi ATM untuk mengambil uangmu misalnya. Namun meski sudah sangat familiar ternyata tidak semua orang mengetahui apa itu ATM mulai dari fungsi hingga arti dari tiga huruf tersebut.

Bentuk mesin ATM
ATM adalah sebuah mesin yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah bank tertentu untuk dapat melakukan berbagai macam transaksi seperti misalnya mengambil uang tunai, melakukan transfer ke rekening lain, mengecek saldo hingga melakukan pembelian atau pembayaran tertentu. Maka tidak heran jika kita sering menemukan mesin ini di tempat-tempat yang strategis seperti pusat perbelanjaan agar memudahkan para nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi khususnya untuk mengambil uang tunai.

Kepanjangan dari ATM adalah Anjungan Tunai Mandiri atau bahasa Inggrisnya adalah Automated Teller Machine dimana mesin ini mengizinkan kita (para nasabah) untuk melakukan transaksi tanpa harus dilayani oleh teller manusia. Selain itu dengan ATM kita juga dapat melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor bank yang bersangkutan sehingga akan mempermudah kita untuk melakukan transaksi. Cara menggunakan ATM pun cukup mudah, kita tinggal memasukkan kartu ATM yang sudah diberikan oleh pihak bank lalu kita akan diminta untuk memasukkan PIN (angka tertentu yang sebelumnya juga sudah kita tentukan saat melakukan pembukaan rekening) dan kita tinggal memilih berbagai jenis menu yang tersedia pada mesin tersebut.

Biasanya kartu ATM terbuat dari plastik dan terkadang juga memiliki fungsi ganda sebagai kartu debit (pada bank tertentu saja). Nah itulah beberapa hal yang bisa mimin sampaikan soal ATM. Semoga bermanfaat :D

Referensi artikel dan sumber gambar: Wikipedia

No comments:

Post a Comment