Tips Agar Bisa Bangun Pagi Untuk Sahur

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Tips Agar Bisa Bangun Pagi Untuk Sahur

Ditulis oleh: -

Tips Agar Bisa Bangun Pagi Untuk Sahur - Alhamdulillah, gak terasa ya kita sudah kembali memasuki bulan suci Ramadhan :D. Bulan ini merupakan bulan yang istimewa bagi para umat muslim karena segala amal baik kita akan dilipat gandakan pahalanya. Kita juga diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dimana bukan cuma harus menahan lapar dan haus saja, tapi kita juga diwajibkan untuk menjaga sikap, emosi, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang buruk.

Dan pastinya hal yang ditunggu-tunggu pastilah pada waktu adzan maghrib, dimana itu adalah waktu kita untuk berbuka puasa. Menikmati hidangan berbuka pun akan terasa sangat nikmat setelah seharian kita menahan lapar dan haus, apalagi bagi mereka yang ternyata tidak makan sahur sebelumnya karena tidurnya kebablasan (kesiangan). Nah diantara para pembaca pasti ada juga yang pernah mengalami hal itu toh? Udah ngaku aja, mimin juga pernah kok *tepok jidat*.

Biasanya hal ini dialami oleh mereka yang hidup jauh dari keluarga alias anak rantau atau anak kos. Nah di posting kali ini mimin ingin berbagi beberapa tips nih supaya kita gak kesiangan dan bisa bangun pagi untuk makan sahur. Yaa itung-itung buat sekedar share aja lah sambil menunggu waktu berbuka alias ngabuburit (padahal ini masih pagi udah ngomongin berbuka aja -__-). Yuk langsung aja kita ke TKP :D

1. Tidur lebih awal

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Inget potongan syair lagu dari bang Haji Rhoma Irama itu? Nah ada baiknya kamu menuruti nasehat itu. Tidurlah lebih cepat agar kamu nggak merasa terlalu berat untuk membuka mata pada saat sahur. Karena kalau nggak, nanti yang repot ya kamu sendiri kalau kamu gak sahur gara-gara kesiangan.

2. Pasang lebih dari satu alarm

Buat yang punya hape lebih dari satu, kamu bisa manfaatkan tuh buat bangunin kamu pagi-pagi untuk sahur. Pasang alarm di masing-masing hape dengan jeda waktu 5 sampai 10 menit. Tujuannya agar ketika kamu mematikan alarm pertama dan ketiduran lagi, alarm kedua akan membangunkanmu kembali.

3. Jauhkan alarm dari jangkauanmu!

Kamu pasti pernah kan secara sadar-gak-sadar mematikan alarm kemudian tidur lagi? Nah kalo udah begitu sudah hampir dipastikan kamu bakal kebablasan tidurnya! Maka jauhkanlah alarm tersebut dari tempat tidurmu. Tujuannya? Biar kamu beneran bangun buat nyariin sumber suara alarm sebelum mematikannya. Kalo perlu kamu bisa padukan dengan tips nomer 2 diatas biar kamu beneran melek.

4. Basuh wajahmu dengan air dingin

Kalau tips nomor 3 udah berhasil membangunkanmu, jangan coba sekali kali kembali ke tempat tidur ya! Lebih baik kamu ke kamar mandi untuk membasuh wajahmu dengan handuk yang sudah dicelupkan ke air dingin (khususnya ke bagian dekat mata) agar kamu lebih fresh.

5. Lakukan peregangan

Nah ini juga penting agar tubuhmu siap bergerak dan gak minta tidur lagi. Lakukan peregangan atau senam kecil yang tujuannya untuk "membangunkan" otot tubuhmu.

Nah sangat sederhana bukan? Untuk tips nomer 2 dan 3, kamu wajib untuk menggunakan alarm dengan suara yang kencang agar suaranya cukup untuk mengganggumu. Gunakan pula musik (sebagai nada alarm) yang sifatnya "membangunkan", jangan malah menggunakan musik selowww yang bisa bikin kamu ngantuk. Yang ada nanti kamu malah makin nyenyak tidurnya -__-. Oke sekian dulu deh tips kali ini. Bagi kamu yang berpuasa sepertinya kamu juga perlu untuk membaca artikel yang berjudul sehatkah berbuka puasa dengan yang manis? Semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment