Langsung ke konten utama

Sehatkah Berbuka Puasa Dengan Yang Manis?

Sehatkah Berbuka Puasa Dengan Yang Manis? - Baru juga kemaren di blog ini mimin udah bahas tentang alasan mengapa kita dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis, sekarang ada pertanyaan baru yang ada di benak mimin. Apakah berbuka puasa dengan yang manis itu sehat? Soalnya setelah posting yang kemaren itu, ada temen mimin yang menyatakan bahwa menu makanan yang manis itu tidaklah dianjurkan terutama untuk menu berbuka puasa. Jadinya yaa kemaren sempat terjadi perdebatan akan hal ini sehingga harus diadakan sidang untuk mencari kebenarannya #halah.

Menurut teman mimin itu, banyak pelatih dan praktisi fitness yang justru menjauhi makanan manis, terutama untuk menu buka puasa. Tapi di sisi lain, mimin juga menemukan banyak kabar dari internet yang konon merupakan keterangan dari dokter (entah dokter beneran atau nggak mimin kurang tau) bahwa memang makanan yang manis itu sangat dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Ditambah lagi banyak yang bilang kalau berbuka dengan yang manis itu adalah sunnah Nabi. Hemm #MikirKeras

Apa benar berbuka puasa dengan yang manis adalah sunnah Nabi? Setelah mimin telusuri lagi di internet, ternyata banyak yang menyatakan hal itu tidak benar! Meskipun mimin gak langsung percaya karena harus ada beberapa alasan kuat mengenai hal tersebut. Dan beberapa bahan atau sumber dari internet itu juga mimin jadikan sebagai bahan perdebatan dalam sidang bersama teman mimin tersebut #HalahIniLagi.

Dan hasil sidang singkat padat gak jelas itu memutuskan bahwa berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis itu tidaklah sehat! Hemm kenapa demikian? Nah beberapa alasan dan penjelasan hasil sidang tersebut (hadeeeh sidang lagi -_-) akan mimin bahas pada posting kali ini. Yaa itung - itung cuma buat Sekedar Share Aja lah buat nambah wawasannya pemirsa baik yang baca blog ini maupun nggak #eh. Yuk kita langsung masuk ke pembahasannya :)

Menurut sumber yang mimin baca, Rasulullah tidak menganjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis. Nabi Muhammad SAW berkata :
"Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci."
Dan dari Anas bin Malik ia berkata :
"Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air." (Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud)
Nah disitu dijelaskan bahwa Rasulullah berbuka puasa dengan kurma atau air. Tapi bukankah kurma itu manis? Eit jangan salah! Kurma yang kebanyakan dipasarkan di negri kita ini memang memiliki rasa yang manis, karena konon kurma - kurma tersebut sudah diolah menjadi manisan kurma yang sudah sudah ditambah dengan kandungan gula yang berlipat ganda agar awet dalam perjalanan ekspor. Konon pula kurma segar itu memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Jadi kemungkinan masyarakat menilai bahwa Nabi menganjurkan untuk berbuka dengan makanan yang manis itu kerena Nabi menganjurkan untuk berbuka dengan kurma, sedangkan kurma yang umumnya dikenal di masyarakat kita memiliki rasa yang manis sehingga orang mengira bahwa Nabi menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Padahal tidak demikian!

Tapi bagaimana dengan anjuran - anjuran untuk berbuka puasa dengan makanan manis yang konon dapat memulihkan energi dengan cepat itu? Memang hal itu (memulihkan energi dengan cepat) benar adanya. Tapi inget gak, (hampir) segala sesuatu yang instant itu gak baik loh! Iya nggak pemirsa? Nah konon, berbuka puasa dengan yang manis itu justru akan merusak kesehatan loh.

Kenapa berbuka puasa dengan yang manis itu justru merusak kesehatan? Logikanya gini, kalau kita puasa kadar gula darah kita akan menurun toh? Nah kalau kita memakan makanan yang manis - manis seperti mimin #eh, maksudnya memakan makanan yang manis dari gula, kadar gula darah kita akan naik dengan drastis. Karena konon gula dan makanan manis lainnya itu adalah karbohidrat sederhana yang jika dicerna akan dengan cepat menghasilkan gula (atau mungkin kalori?).

Nah dengan demikian tubuh akan dengan cepat pula menghasilkan respons insulin, dimana jika respon insulin dalam tubuh melonjak dengan pesat, maka tubuh juga akan merespon untuk menimbun lemak. Karena menurut mimin, mungkin gula (kalori) yang berlebihan itu akan menghasilkan energi yang berlebihan juga, sedangkan tubuh hanya membutuhkannya sebagian. Sehingga sisa dari energi yang tidak terpakai itu akan disimpan dalam bentuk lemak.

Nah pada kurma segar seperti yang dicontohkan Rasulullah itu memiliki kandungan kalori yang rendah (karena tidak ditambahkan gula) namun memiliki nutrisi tinggi. Kurma itu memiliki kandungan karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana seperti pada makanan manis yang jika dicerna akan menghasilkan gula dengan cepat. Saat dicerna, karbohidrat kompleks perlu waktu yang cukup lama untuk menghasilkan gula, sehingga respons insulin akan naik dengan perlahan sehingga mengurangi resiko kegemukan akibat penimbunan lemak.

Terus kalau bukan makanan manis, kita harus berbuka puasa dengan apa kalau tidak ada kurma (segar)? Ya seperti yang dicontohkan Nabi, minumlah air. Dan kalau lapar makan nasi saja seperti biasa, karena nasi juga  mengandung karbohidrat kompleks meskipun kandungan nutrisinya tidak sama dengan kurma. Tapi inget ya, jangan langsung makan banyak! Kalau kata orang tua "nanti perutnya kaget". Ekekekekeke :D

Nah sudah tau kan kenapa berbuka puasa dengan yang manis itu tidak sehat? Memang banyak yang menganjurkan kita untuk berbuka dengan yang manis seperti yang sudah mimin posting di halaman kenapa buka puasa harus makan / minum yang manis? Agar energi dalam tubuh kita dapat naik dengan cepat. Tapi ternyata hal itu tidaklah menyehatkan. Namun pilihan tetap ada di tangan pemirsa sih, mau berbuka dengan makanan yang gak manis ya bagus, mau berbuka dengan yang manis juga silahkan kalau itu bisa menambah selera makan pemirsa. Tapi inget, resiko ditanggung pemenang #eh ditanggung sendiri yaa :D

Nah mungkin itu aja sih yang bisa mimin share kali ini. Semoga bermanfaat :D

Komentar

Topik Yang Mungkin Kamu Suka

Apa Itu Golput? Ini Pengertian Singkatnya

Apa Itu Golput? Ini Pengertian Singkatnya - Sebentar lagi pemilu ya? Pantesan banyak banget iklan-iklan berbau politik yang cukup sering muncul di tipi-tipi. Yups emang gak salah lagi, itu adalah bagian dari usaha mereka biar lebih dikenal oleh masyarakat dengan harapan masyarakat mau memilih mereka sebagai pujaan hatinya presiden atau entah apa posisi yang mereka incar. Di iklan yang muncul itu secara gak langsung si calon-calon pejabat tinggi negara tercinta kita ini juga berusaha menyampaikan visi dan misi mereka meskipun sebenernya masyarakat juga udah pada bosen denger janji-janji dari dari para calon pejabat tinggi itu #uhuk . Iya, karena udah jenuh dengan janji-janji yang kebanyakan PHP disampaikan oleh mereka, banyak dari masyarakat yang lebih memilih untuk golput ketimbang memilih para calon yang ada. Hemm ngomong-ngomong soal golput, pemirsa udah pada tau belum pengertian dari golput? Hemm oke, mumpung mimin lagi mood untuk buat posting jadi mimin putuskan untuk ngasih

Tips Membasmi (Mengusir) Cacing Di Kamar Mandi

Tips Membasmi (Mengusir) Cacing Di Kamar Mandi - Gimana rasanya kalau lagi asik mandi lalu tiba-tiba kita melihat seekor cacing tanah di lantai kamar mandi? Sebagian orang mungkin hanya akan menyiramnya saja agar ia ikut hanyut ke saluran air. Tapi bagaimana bagi kita yang jijik atau geli dengan cacing? Waah pasti bisa heboh sendiri tuh kalau melihat makhluk yang satu ini berkeliaran di kamar mandi, seperti halnya yang juga dialami oleh mimin beberapa waktu lalu. Kalau sudah begitu, sudah bisa dipastikan mimin gak jadi mandi sebelum mengecek ulang seluruh sudut kamar mandi untuk memastikan bahwa ia tidak sedang berkeliaran bersama teman-temannya. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Sebenarnya dari mana sih datangnya cacing tersebut hingga bisa masuk ke kamar mandi kita? Padahal kan lantai kamar mandi sudah diberi keramik? Bukankah cacing (tanah) hidupnya di tanah? Hemm hal itu juga yang sering membuat mimin bingung dan penasaran. Tapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata

Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit

Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Kartu Kredit - Mimin yakin hampir setiap orang pasti pernah mendengar istilah kartu kredit. Bentuk dan ukurannya sih hampir sama dengan kartu-kartu lain seperti kartu ATM atau kartu nama yang keduanya dapat dengan mudah kita masukkan ke dalam dompet, tapi fungsinya? Jelas beda donk dengan kartu ATM, apalagi denga kartu nama! Yups, meskipun banyak orang sudah mengenal istilah kartu kredit, tapi ternyata tidak semua orang itu mengetahui fungsi dari kartu kredit. "Apa sih kartu kredit itu? Gunanya buat apaan?" Begitulah kira-kira ucapan salah satu teman mimin ketika melihat promo potongan harga di sebuah gerai handphone dengan menggunakan kartu kredit tertentu. Karena saat itu mimin juga kurang paham, maka mimin putuskan untuk segera mencari tau tentang hal yang ditanyakan teman mimin tersebut sesampainya di rumah. Setelah membaca beberapa artikel yang tersedia di internet, akhirnya mimin lebih mengerti soal pengertian serta fung