Bahaya Gadget Bagi Anak

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Bahaya Gadget Bagi Anak

Ditulis oleh: -

Bahaya gadget bagi anak
Bahaya Gadget Bagi Anak - Sekarang ini jamannya kemajuan teknologi, kalo orang barat bilangnya tehnoloji. Gadget canggih udah bukan barang mewah lagi, sampe - sampe anak kecil pun udah pada punya gadget. Parahnya yang ngasi gadget itu orang tua nya sendiri. Haduh saya sampe heran, emang apa sih manfaat gadget buat anak - anak? Yang ada menurut saya malah bahaya. Bahaya nya apa? Naini, kebetulan saya lagi mood (bacanya mut ya) buat nulis atrikel tentang bahaya gadget bagi anak versi saya sendiri. Ya itung - itung cuma buat sekedar share aja lah, biar nambah wawasannya pemirsa. Gadget seperti smartphone sama pc tablet itu kan sebenernya dirancang untuk membantu ato mempermudah pekerjaan toh? Tapi kenapa yang pake malah anak - anak yang gak ngerti apa - apa?

Coba perhatikan nih buat para orang tua yang ngijinin anaknya bawa gadget. Fungsi gadget sih emang bukan cuma buat bantu kerjaan aja, tapi bisa juga dipake buat nge-game alias ada fitur hiburannya, dan rata - rata anak kecil pake gadget buat main game aja. Bener gak? Naini yang wajib diperhatikan orang tua, boleh aja anak main game di gadget buat hiburan, tapi alangkah baiknya kalo diawasi dan waktunya dibatasi. Coba liat poto yang paling atas itu. Itu anak asik banget kan main game di gadget nya. Coba bayangin kalo anak nya pemirsa lagi asik maen gitu, terus tiba - tiba kita minta buat berenti, gimana reaksinya? Sebagian besar pasti ngelawan, meskipun sebagian lagi mungkin ada yang nurut karena takut ama emak nya yang serem #eh. Nah dari situ aja keliatan kalo salah satu dampak negatif gadget itu adalah bikin anak jadi manja, dan mungkin males (maunya main terus). Ini bertentangan donk sama posting saya yang judulnya tips mendidik anak agar tidak manja. Nah menurut pengalaman saya, karena saya juga mantan gamers kelas menengah (belum kelas berat loh ya), kelamaan main game itu bisa bikin daya konsentrasi menurun. Jadi lebih sulit buat fokus, yang artinya akan mengganggu prestasi si anak (kalo udah sekolah). Itu yang pertama.

Yang kedua, kalo udah kelamaan main dengan posisi duduk yang sama, badan jadi pegel terutama di bagian belakang leher. Itu kalo main di PC ya, yang ada tempat duduknya. Kalo mainnya di gadget (PC tablet) kaya gambar anak diatas itu gimana? Makin parah donk pastinya, karena kepalanya nunduk terus. Naini berpotensi mengganggu pertumbuhan anak donk pastinya. Selain itu, mata juga jadi capek, trus sulit buat fokus. Meskipun saya sendiri baru ngalamin gelaja sulit fokus itu kalo abis main game semaleman, dari sore ketemu pagi.

Nah untuk anak seumuran sekolah (SD / SMP) ternyata juga ada loh bahaya nya. Gadget itu kebanyakan udah ngedukung buat onlen toh? Nah disitu lah letak bahayanya. Seperti di posting saya yang judulnya bahaya situs social media dan internet bagi anak, yang menyebutkan bahwa internet itu tempatnya hampir segala informasi. Yang ditakutkan adalah si anak akan berpotensi memiliki nilai moral yang rendah karena sudah mengetahui informasi yang seharusnya "belum saatnya dia ketahui" (kalau anda tau maksud saya).

Jadi orang tua harus jeli donk?! Jangan mentang - mentang punya uang trus anaknya dibeliin yang aneh - aneh yang kebanyakan cuma buat gaya dan gak ada manfaat positifnya. Nah disini orang tua harus menjadi konsumen cerdas, yang mampu memilah dan memilih produk / barang apa yang sekiranya dibutuhkan atau tidak dibutuhkan oleh anak. Setuju gak?

Nah mungkin masih banyak lagi bahaya gadget buat si anak, tapi biar dokter anak yang nge-jawab, soalnya pengetahuan saya belum setara ama dokter, jadinya kalo ngetik panjang lebar lagi takutnya ngasi informasi yang salah. Oke pemirsa? Semoga bermanfaat :)

Sumber gambar : Balita Sehat

No comments:

Post a Comment