Bahaya Situs Social Media (Dan Internet) Bagi Anak

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Bahaya Situs Social Media (Dan Internet) Bagi Anak

Ditulis oleh: -

Situs social media
Bahaya Situs Social Media (Dan Internet) Bagi Anak - Jaman udah makin canggih, internet udah bukan hal asing lagi, gadget juga bukan lagi barang mewah. Bahkan anak kecil pun udah banyak yang punya gadget macem smartpon. Tapi kebanyakan bocah - bocah itu pake smartpon paling cuma buat chatting ama akses ke situs social media aja. Naini yang jadi perhatian saya, masi bocah kok udah bawa gadget? Apa gak dilarang ama orang tuanya? Apa orang tua gak tau bahaya situs social media bagi anak? Waini harus dijelaskan lebih lanjut kalo belum pada tau. Orang tua pasti pernah remaja juga donk? Dan pastinya tau kalo masa - masa remaja itu adalah masa dimana kita lagi mencari "jati diri". Nah masa - masa seperti ini akan membuat anak sangat rentan terhadap lingkungan dari pergaulannya, salah gaul dikit bisa rusak tuh anak. Bener gak? Udah banyak bukti loh. Tapi apa hubungannya sama bahaya situs social media?

Jadi ginini maksud saya, social media itu kan tempat "bergaul" orang - orang via internet toh? Dan internet itu tempat dimana hampir segala informasi bisa didapatkan termasuk informasi yang ada di blog ini. Betul gak? Nah bahayanya, kemungkinan si anak ini akan mendapatkan informasi yang seharusnya "belum saatnya dia ketahui" (kalo anda tau maksud saya) sudah dia dapatkan, dan mungkin akan menyebabkan rusaknya moral anak. Apalagi kalo anak sudah diberikan gadget canggih, makin gampang buat si anak untuk mengakses internet. Naini yang bahaya. Seharusnya para orang tua mampu memfilter apa yang baik buat anaknya, apa yang ngga. Kalo pun anak yang minta, jangan langsung dikasih, tetep harus di filter. Orang tua harus mendidik anak biar gak manja, biar gak suka minta yang macem - macem. Baca juga link itu ya, siapa tau berguna. 

Bahaya situs social media bagi anak
Sumber gambar : detikSurabaya
Kita gak tau toh teman dia di situs social media itu kaya apa? Baik ngga nya? Iya kalo baik, kalo jahat gimana? Kalo ngajarin yang gak beres? Makin bahaya sudah itu pergaulan anak di situs social media. Ditambah lagi social media itu punya efek "candu" ato bisa bikin ketagihan. Naini salah satu yang saya sebut bahaya, kalo udah begitu anak jadi cenderung males, yang ada si anak akan "nunduk" terus mantengin layar hape / smartpon. Nah pasti pemirsa pernah liat kan yang seperti itu? Itu loh kaya gambar diatas. Kalo pun udah terlanjur "kecanduan" social media, sebaiknya anda membatasi "jam terbang" anak di situs social media dan internet. Untuk yang satu itu mungkin bisa dengan membatasi "pulsa" si anak biar gak bisa onlen terus - terusan, ato yang lain. Saya kurang tau soalnya belum nemu cara yang efektif menurut saya.

Bahaya lainnya, kemungkinan anak "dirusak" orang ato diculik makin besar, terutama buat yang cewe. Seperti yang saya ketik diatas, kita gak tau toh temen anak di situs social media itu kaya gimana? Kalo temennya gak beres, trus ngajak ketemuan trus akhirnya dirusak / diculik? Waini yang tingkat bahayanya paling tinggi, dan sudah banyak bukti toh di tipi - tipi ama di koran? Makanya kita sebagai orang tua (eh saya belum tua loh >,<) harus pinter - pinter jaga anaknya. Kalo masih SMP apalagi SD ato TK, aduh jangan dikasih gadget aneh - aneh deh ke anaknya. Kalo pun si anak butuh akses internet untuk keperluan tertentu misalnya untuk tugas sekolah ato lainnya, sebaiknya awasi juga tuh si anak, dampingi dia di depan layar untuk mencegah dia buka yang aneh - aneh.

Semoga informasi ini bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment