Penghijauan Bukan Hanya Untuk Hutan, Tapi Juga Teknologi

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Penghijauan Bukan Hanya Untuk Hutan, Tapi Juga Teknologi

Ditulis oleh: -

Entah cuma mimin (bukan nama sebenarnya, itu cuma panggilan akrabnya admin) aja yang ngerasain, atau emang belakangan ini cuaca makin panas ya? Tapi dari yang mimin perhatiin, entah dari lingkungan sekitar, berita atau dokumenter di tipi - tipi emang kayanya bumi ini lagi dilanda kegalauan #eh kerusakan maksudnya. Bencana dimana - mana, cuaca makin bikin gerah, dan masih banyak lagi tanda - tanda kerusakannya. Makanya sebisa mungkin bumi ini harus kita jaga, salah satunya dengan nge-jaga kelestariannya. Bumi itu rumah kita loh, coba kita analogikan kalo rumah kita itu gak nyaman, entah karena kotor, berantakan, pengap atau yang lain. Pasti kita gak betah. Iya kan? Sama halnya kaya bumi. Kalo bumi udah gak nyaman lagi buat ditinggali, trus kita mau tinggal dimana? Mending kek kalo yang gak nyaman itu "cuma" dirumah, kita masih bisa keluar rumah cari udara seger. Kalo bumi yang gak nyaman gimana hayo? Apa kita mau keluar bumi juga? Ya ndak bisa toh, segala kebutuhan kita adanya ya cuma dibumi termasuk udara buat nafas.

Kita sekarang ini hidup di tengah era dimana teknologi lagi maju - majunya, tapi bukannya buat ngelindungi bumi malah buat kepentingan lain yang kebanyakan malah bikin keadaan bumi kita semakin parah. Ya nggak nyalahin mereka juga sih, mungkin mereka belum sadar lingkungan aja. Mimin sendiri adalah salah satu dari sedikit orang yang miris sama keadaan bumi kita saat ini. Iya, cuma bisa miris tanpa bisa berbuat banyak buat nyelametin bumi :(. Tapi belakangan ada sesuatu nih yang narik perhatiannya mimin. Apa itu? Daihatsu. Tapi bukan berarti mimin ditarik - tarik ama mobil Daihatsu loh ya ( ¬˛ ¬") . Kemaren pas mimin mampir ke web nya, mimin ngeliat satu halaman yang judulnya "Teknologi Hijau Daihatsu". Dari yang mimin perhatiin, sepertinya perusahaan mobil yang emang udah sangat berpengalaman itu lagi giat mengembangkan dan mengkampanyekan "Teknologi hijau" agar masyarakat lebih sadar lingkungan.

Waini! Ternyata masih ada ya perusahaan besar yang peduli lingkungan! Tapi gimana konsepnya? Naini yang agak ribet, soalnya berhubungan ama mesin. Sedangkan mimin gak ngerti apa - apa soal mesin. Hadeeeh ╮("╯_╰)╭ . Tapi mimin pengen coba jelasin dikit nih tentang konsep teknologi nya Daihatsu. Yaa itung - itung cuma buat sekedar share aja lah biar pemirsa pada tau apa sih teknologi hijau nya itu.

Teknologi Eco-Idle
Jadi gini, menurut yang mimin baca dari beberapa sumber di media, teknologi mesin ramah lingkungan yang dikembangkan Daihatsu itu punya tiga tahap. Tahap yang pertama namanya teknologi "Eco-Idle". Teknologi ini punya sistem yang pinter yang bisa ngatur mesin, bahkan mungkin lebih pinter dari mimin juga nih :(. Kalo misalnya di jalan kita lagi kejebak macet, sistem ini bakal secara otomatis ngatur apakah mesin harus hidup atau mati. Jadi bahan bakar gak nguap sia - sia donk gara - gara macet, penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien. Ngirit ongkos juga pastinya hehehe :p. Trus di tahap ini ada yang namanya i-EGR yang diklaim bisa menghasilkan pembakaran sempurna dan meminimalkan pengeluaran gas CO2 dari sisa hasil pembakarannya. Nah kalo ditanya sistem lengkapnya gimana, mimin juga gak ngerti. Namanya juga teknologi canggih ╮("╯_╰)╭ .

Mesin dua silinder turbocharged
Terus buat tahap yang kedua, Daihatsu melakukan pengembangan pada mesin dua silinder turbocharged direct injection yang memiliki komponen yang lebih sedikit, yang emang dirancang biar lebih ringan dan meminimalisir penggunaan sumber daya alam. Meminimalkan sumber daya alam disini mungkin maksudnya adalah logam. Di mesin dua silinder ini ada sistem yang namanya "active ignition system", disini efisiensi bahan bakar nya makin oke, bisa mencapai 30 persen! Nah meskipun pake mesin berkapasitas kecil, tapi Daihatsu tetap ingin menghadirkan kenyamanan dalam pengalaman berkendara, makanya di tahap ini ada sistem turbo nya.

Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell
Terus yang ketiga alias tahap akhirnya ada Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Hayo ada yang ngerti gak apaan artinya itu? Heheh, mimin juga kurang paham :p maklum lah, itu kan teknologi canggih. Menurut yang mimin baca dari beberapa sumber di media juga, pada tahap ini Daihatsu berfokus mengembangkan mesin yang menggunakan bahan bakar cair baru yang namanya Hidrazin Hidrat. Menurut sumber yang sama, zat ini punya kepadatan energi yang tinggi dan sisa dari hasil pembakaran dengan bahan tersebut tidak menghasilkan karbon dioksida atau CO2. Jadi di tahap ini secara otomatis emisi gas buang CO2 menjadi nol atau gak ada sama sekali. Naini! Pas banget dah dengan konsep ramah lingkungannya, Teknologi hijau! Soalnya yang bikin bumi makin panas atau istilahnya pemanasan global itu disebabkan karena efek rumah kaca itu yang sebagian besar pengaruhnya karena terlalu banyak kandungan gas karbon dioksida di atmosfer. Mohon dikoreksi kalo mimin salah.

Mimin jelasin dikit ni kenapa efek rumah kaca bisa bikin pemanasan global. Tapi cuma gambaran atau analogi singkatnya aja ya. Bumi kan disinari matahari toh? Dan matahari itu panas. Bener gak? Nah sinar dari matahari yang masuk ke bumi itu sebagian dipantulkan lagi keluar bumi, sebagian lagi tertahan oleh beberapa partikel termasuk gas CO2 yang ada di atmosfer yang berfungsi sebagai "rumah kaca" buat ngejaga suhu bumi biar tetep hangat (gak terlalu dingin kalo malem). Kalo dalam keadaan "normal" gas CO2 yang ada di atmosfer sih gak terlalu besar jadinya pantulan panas yang tertahan oleh CO2 gak terlalu besar juga sehingga suhunya gak terlalu panas. Nah kalo misalnya intensitas gas CO2 di atmosfer meningkat, otomatis energi panas yang seharusnya dipantulkan keluar bumi jadi sulit keluar karena tertahan sama gas CO2 yang terlalu banyak. Karena energi panas nya tertahan oleh CO2, suhu udara di bumi jadi ikutan panas juga donk? Jadi itu dia kenapa terjadi pemanasan global karena bumi itu seperti di dalem rumah kaca, dengan gas karbon dioksida sebagai rumah kaca nya.

Nah gas CO2 sendiri sebagian besar dihasilkan karena ulah atau aktivitas manusia. Misalnya? Yang paling besar ya karena aktifitas di jalan alias pas berkendara. Karena kendaraan yang kita pakai pasti harus pake bahan bakar toh? Nah sisa dari pembakaran itu lah yang menghasilkan gas CO2. Ini diperparah sama makin banyaknya pohon di hutan yang dibabat abis, padahal pohon itu kan bisa menyerap gas CO2 dan juga penghasil oksigen buat kita nafas. Makanya penghijauan itu penting buat kenyamanan kita sendiri. Tapi penghijauan itu bukan hanya untuk hutan, tapi juga teknologi. Sama kaya judul artikel ini kan? Kenapa begitu? Karena kalo penghijauan cuma dilakukan pada hutan itu memakan waktu lama, dan juga mimin rasa itu gak cukup kalo misalnya orang masih aja ngerusak bumi dengan aktivitasnya, seperti aktivitas berkendara yang mimin bilang tadi. Percuma donk, hutan udah kembali hijau, tapi kalo misalnya aktivitas seperti itu ternyata lebih besar dari kemampuan hutan buat nyerap CO2 ya ga bakal seimbang. Apalagi manusia makin hari makin banyak kan?

Makanya "penghijauan teknologi" itu penting. Coba bayangin aja kalo misalnya setengah atau seperempat aja dari total masyarakat kita pake teknologi hijau seperti yang dikembangkan Daihatsu ini, berapa besar gas CO2 yang kita kurangi? Coba bayangin lagi kalo misalnya teknologi macam ini gak pernah ada, panasnya bakal seperti apa di bumi ini setelah beberapa taun? Nah itulah keuntungannya kita kalo pake teknologi hijau. Selain menyelamatkan bumi dari pemanasan global, atau setidaknya tidak ikut memperparah, kita juga bisa berhemat bahan bakar fosil yang makin tipis dan gak bisa diperbarui. Selain itu kita juga bisa hemat biaya kan, karena teknologi hijau nya irit :D. Disini peran kesadaran masyarakat juga gak kalah penting loh, kalo aja masyarakat gak peduli ama yang saya tulis di atas ya jangan harap bumi bakal adem lagi. Wasallam sudah, say good bye to adem. Makanya mimin ngedukung banget ama kampanye teknologi hijau dari Daihatsu ini. Tapi ngomong - ngomong kok mimin jadi mendadak pinter gini ya? Heheh.. Mungkin karena konsep teknologinya sejalan ama pandangan atau visi nya mimin, jadi menginspirasi mimin buat nulis nih. Hohoho.

Nah mungkin itu aja yang bisa share kali ini. Semoga teknologi ini bisa menghadirkan harapan baru buat mimin #eh bumi maksudnya. Dan pastinya kita harus ngedukung demi kenyamanan di bumi kita sendiri. Selamatkan udara, selamatkan bumi dengan teknologi hijau :)

Sumber referensi :
http://oto.detik.com/read/2012/09/28/111956/2042616/1207/intip-teknologi-masa-depan-daihatsu?o771108bcj
http://autos.okezone.com/read/2012/09/22/52/693733/ini-langkah-daihatsu-rancang-teknologi-hijau
http://www.daihatsu.co.id/teknologi-hijau

No comments:

Post a Comment