Perbedaan Coklat Hitam Dengan Coklat Biasa

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Perbedaan Coklat Hitam Dengan Coklat Biasa

Ditulis oleh: -

Perbedaan Coklat Hitam Dengan Coklat Biasa - Kalau kemarin mimin membahas soal karamel kali ini mimin akan kembali membahas soal makanan yang identik dengan rasa manis yaitu coklat. Yups, masih ada hubungannya dengan posting yang kemarin dimana mimin masih penasaran soal cemilan berwarna gelap yang membuat mimin ketagihan ini. Awalnya mimin penasaran mengapa coklat yang mimin pesan via online di Warung CakLet kemarin memiliki rasa yang jauh berbeda dengan coklat yang biasa ditemui di pasaran.

Dark chocolate
Iya ini ciyus loh! Rasanya itu beda banget, gak bikin enek dan taste nya lebih gimanaa gitu. Usut punya usut ternyata yang mimin pesan itu adalah termasuk kategori coklat hitam alias dark chocolate, sedangkan yang biasa kita temui di pasaran adalah yang berjenis milk chocolate atau coklat susu. Terus dimana letak perbedaanya? Gak mungkin donk cuma beda nama aja? Nhaini yang kemudian langsung mimin cari tau.

Menurut sumber yang mimin baca, perbedaan antara dark chocolate dengan milk chocolate itu terdapat di hatimu komposisinya. Jadi bukan beda namanya aja lho ya! Nah lebih lanjut mimin jelasin lagi. Pada coklat hitam, kadar atau konsentrasi dari coklat asli (dari biji kakao)nya lebih pekat dibanding "coklat" biasa. Kadar gula yang dikandungnya pun tergolong lebih sedikit sehingga rasa dari coklat hitam biasanya tidak terlalu manis. Dan itu artinya kandungan kalorinya pun jauh lebih rendah. Wah pantes aja coklat macem ini disebut dengan coklat premium!

Nah sedangkan untuk milk chocolate, konsentrasi coklat "asli"nya bisa dibilang jauh lebih sedikit. Coklat jenis ini biasanya mengandung susu, gula dan krim yang lebih banyak sehingga rasa coklat aslinya terbilang kurang dominan. Nah karena penggunaan kakao yang lebih sedikit inilah yang membuat coklat susu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan coklat hitam. Selain itu biasanya lemak kakao yang biasa digunakan pada coklat hitam akan digantikan dengan minyak yang lebih murah seperti lesitin dari kedelai atau minyak nabati.

Hemm, jadi gak heran ya kenapa rasa dan tekstur dari mereka ini berbeda. Iya, selain lebih manis kaya mimin, cokat susu juga memiliki tekstur yang lebih lembut dan creamy. Sedangkan coklat hitam memiliki tekstur yang lebih padat. Nah sekarang sudah tau kan perbedaan antara dark chocolate dengan milk chocolate? Kayanya udahan dulu deh untuk sharing kali ini, soalnya udah malem menjelang pagi jadi mimin mau bobo cantik tampan dulu. Oia, kalo kamu suka yang mana nih?

Referensi: Wikipedia, SFGate

No comments:

Post a Comment