Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Ditulis oleh: -

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan - Mahasiswa itu identik dengan begadang. Yup, banyak sekali mahasiswa yang rela begadang untuk mengerjakan berbagai hal dalam rangka kepentingan kuliahnya meskipun gak sedikit pula mahasiswa yang begadang untuk sekedar kumpul-kumpul bareng temen aja. Memang sih begadang sesekali gak masalah apalagi untuk keperluan yang memang mendesak atau penting pake banget, tapi ya sebaiknya jangan keseringan deh soalnya aktifitas yang satu ini punya efek negatif bagi tubuh kita.

Memang, banyak orang yang tidak menyadari akan efek negatif dari begadang ini. Namun tidak sedikit pula yang merasakan dampaknya secara nyata termasuk mimin sendiri karena mimin adalah salah satu orang yang sering begadang. Nah berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai data yang mimin baca dari berbagai sumber, mimin memutuskan untuk membuat posting soal apa saja dampak atau efek dari begadang. Yaa itung-itung cuma buat sekedar share aja lah biar pemirsa tambah wawasannya. Oke, ini dia beberapa diantaranya:

Membuat mata lelah


Yup, pasti sudah banyak orang yang mengetahuinya dan mungkin nenek-nenek macho dari gang sebelah pun sudah tau akan hal ini. Tapi pertanyaannya adalah kenapa begadang membuat mata menjadi lebih mudah lelah meskipun kita sudah tidur siang? Hal ini karena mata akan bekerja lebih keras pada malam hari. Keadaan yang gelap alias minimnya cahaya yang dibutuhkan untuk melihat dengan baik membuat mata kita menjadi lebih cepat lelah. Gejalanya tentu saja adalah mengantuk, mata kering dan terasa agak perih ketika membuka mata.

Tidak baik untuk wajah


Coba perhatikan wajahmu di depan cermin setelah begadang semalaman, apa yang kamu temukan? Pastinya kamu tidak akan menemukan segepok dollar di cermin itu, melainkan adalah cerminan wajahmu yang kusam, berminyak, munculnya komedo dan jerawat serta garis hitam di sekitar mata. Semua hal itu pastilah tidak baik untuk penampilanmu terutama wajahmu. Hal itu terjadi karena kurangnya waktu bagi tubuh untuk meremajakan kulit, dimana waktu terbaik untuk proses regenerasi itu adalah di malam hari ketika kita tertidur. Jadi jangan heran kalau wajahmu tidak akan setampan mimin #eh

Membuat otak menjadi lelah


Kurangnya waktu istirahat berkualitas di malam hari juga akan mempengaruhi kinerja otak kita, dimana seharusnya otak dapat beristirahat malah dipaksa untuk bekerja. Seperti yang kita tau, otak adalah salah satu organ paling penting yang berguna untuk mengontrol seluruh bagian tubuh kita, sehingga jika otak kelelahan maka tentu saja kinerjanya tidak akan optimal yang mengakibatkan menurunnya daya ingat dan konsentrasi. Bahkan konon ada yang mengatakan bahwa begadang dapat menyebabkan kebodohan! #Wow

Kalau otak sudah lelah, pastinya tubuh kita pun juga tidak dapat bekerja dengan optimal. Menjadi kurang fit, tubuh yang lunglai, tingkat kesadaran yang kurang atau gejala lain dapat dirasakan ketika otak kita kelelahan. Nah mungkin itu saja hal-hal yang bisa mimin bagikan soal efek dari begadang. Jadi memang begadang itu tidaklah dianjurkan kalau tiada artinya. Semoga bermanfaat :D

No comments:

Post a Comment