Cara Membedakan Artikel Asli Atau Palsu (Copas)

Sekedar Share Informasi dan Opini Aja

Share Informasi dan Opini

Cara Membedakan Artikel Asli Atau Palsu (Copas)

Ditulis oleh: -

Sumber gambar : grosirkoyokakihappy.blogspot.com
Abis jalan - jalan nih nimba ilmu nge-blog, kebetulan saya biasanya suka loncat - loncat buat cari artikel yang bagus dan mudah dimengerti. Trus saya nemu satu blog yang rame banget pengunjungnya, komennya pun rame. Setelah saya jelajahi itu blog ternyata emang konten nya berkualitas semua, dan saya suka blog itu. Tapi ada satu halaman posting yang bikin saya tergerak untuk buat posting ini #ceilah. Apa isi halaman itu? Ni saya kasi judulnya dulu ya, judulnya itu cara mengatasi pencuri artikel dengan DMCA notice berfungsi baik! Wih serem yak? Tapi disitu si pemilik blog lebih banyak curhat karena banyak artikel asli nya yang di copas, dan dia memutuskan untuk melaporkannya serta memberikan caranya di sana. Saya pikir itu hal yang wajar sih, karena saya tau gimana rasanya kalo artikel asli yang udah susah - susah dibuat trus di copas gitu aja sama blogger palsu #eh


Nah tapi inget ya, yang mau saya bahas disini bukan tentang gimana rasanya kalo artikel di copas loh. Ayo baca lagi judulnya! Di sini saya mau sekedar share aja tentang cara membedakan artikel asli atau palsu (copas)! Sebelumnya saya mau luruskan dulu ni biar gak bengkok #eh. Saya bikin ini posting cuma buat menghimbau aja buat para pemirsa terutama blogger, hargailah karya asli blogger lain. Mau seribu, sepuluribu terserah deh #eh. Dan kita sebage blogger harus tau etika blogging #haissshh. Dan buat pemirsa pembaca lainnya, saya cuma mau berbagi aja biar pada tau mana artikel asli, mana yang jiplak. Mana yang pantes buat di follow, mana yang ngga. Mana yang cantik, mana yang ganteng #eh. Tapi ini gak 100% akurat loh ya!

Nih saya kasih contoh yang mudah aja ya. Kalo misalnya itu blog isinya tutorial, (biasanya yang paling banyak di copas yang tipe seperti ini) atau tentang cara begini begini begini, cara begitu begitu begitu, cara nganu nganu nganu itu biasanya banyak yang komen donk terutama kalo ada masalah tertentu yang bersangkutan ama tutorial itu? Nah buat bedain apakah itu blog / artikel copas ato asli kita bisa liat dari kolom komentar.

Biasanya, kalo di artikel copas itu ada komen - komen yang sifatnya komplain / bertanya solusi, si pemilik blog gak nongol alias gak bakal dijawab itu pertanyaan. Kenapa gitu? Soalnya dia sendiri belum tentu mengerti apa yang dia posting toh? Namanya juga copas. Iya kan? Kecuali komen yang sifatnya memuji baru deh si adminnya nongol. Jiahahahaha.. Dari situ aja deh yang paling gampang buat bedain artikel asli ato palsu alias copas.

Kalo artikel di blog yang asli, biasanya komen yang begitu akan ditanggapi, karena emang dia yang bikin dan pastinya dia ngerti ama apa isi tulisan yang dia bikin. Dan pastinya pengen ngejaga reputasi blog itu sendiri. Meskipun kadang ditanggapinya agak lama karena mungkin si adminnya sibuk ama urusan lain. Nah komen - komen tanggapan ini lah yang justru penting buat pembaca, karena sifatnya sangat membantu. Bener gak pemirsa?

Untuk cara lainnya sih saya belum nemu, soalnya saya sendiri masih niubi di dunia blogging. Maklum masih dibawah umur #eh :p.

Sekian dulu deh sharing kali ini, semoga bermanfaat :D

3 comments:

  1. Setuju banget...!artikel copas itu ada komen - komen yang sifatnya komplain / bertanya solusi, si pemilik blog gak nongol alias gak bakal dijawab itu pertanyaan.Iya kan?..Ok...Support U...Gan..Lam Kenal...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mastah.. Semoga lancar ya bisnis jual pulsa nya #eh :D

      Delete